Selasa, 27 November 2012

rumaH antI kiamaT

Tidak ada yang pernah tahu kapan kiamat akan terjadi. Tapi jika memang terjadi, di manakah Anda ingin bersembunyi? Kemungkinan selamat tidak ada yang tahu, tapi tak ada salahnya jika Anda memiliki benteng perlindungan yang terjamin.

Fitur-fitur keamanan jika terjadi ancaman darurat biasa sudah pasti tak cukup. Butuh struktur yang kebal terhadap berbagai potensi bencana skala besar. Kesepuluh pemilik dan rumah berikut ini sudah memikirkan matang-matang skenario terburuk jika bencana besar menerjang.

Mulai dari sumber energi, stok makanan hingga ruangan anti ledakan dan banjir, rumah-rumah ini sudah siap menghadapi bencana. Seperti apa sajakah bentuk rumah 'anti kiamat' tersebut? Berikut daftar lengkapnya, seperti dilansir dari CNBC, Kamis (13/6/2012):



10. The Safe House

img
Lokasi: dekat Warsawa, Polandia

The Safe House berubah dari rumah biasa jadi sebuah bunker dalam hitungan menit. Meski kiamat masih skenario sifatnya, tapi perwakilan dari perusahaan arsitektur Polandia, KWKPromes yakin dengan fungsi dan kepraktisannya. Robert Konieczny merancang struktur beton kontemporer dengan dinding yang bisa ditarik-dorong untuk klien privat dengan tujuan keamanan maksimal.

9. Private Island

img
Lokasi: Winchester, Wisconsin

Rumah unik di Upper Peninsula Michigan ini punya beberapa faktor-faktor penunjang keselamatan. Seperti sumber makanan, sumber tenaga, lokasi terpencil, tempat perlindungan dari bom dan berbagai metode melarikan diri.

Properti bernilai US$ 18 juta ini terdiri dari sebuah pondokan besar di pulau pribadi yang dikelilingi lingkungan alami. Rumahnya dirancang oleh arsitek Jerman yang pernah membangun rumah untuk baron-baron bir Milwaukee. Di sini ada ruang penyimpanan boat dan kendaraan, tempat perlindungan bom dari tahun 1950an dan generator listrik back-up yang bisa menyalakan satu pulau lebih dari seminggu.

8. Panic Room

img
Lokasi: dimana-mana, tapi sepertinya paling populer di Los Angeles

Tipikal panic room adalah ruangan tanpa jendela dengan pintu setebal gerbang benteng, peralatan komunikasi untuk menelepon minta bantuan dan stok makanan. Mansion raksasa neoklasik Updown Court seperti yang ada di foto ini memiliki panic room yang mengagumkan.

Dengan 103 kamar, lima kolam renang dan 250 ton marmer, Updown Court menawarkan panic room yang cukup besar untuk menggelar pesta dansa. Di sini juga ada pos keamanan 24 jam, garasi bawah tanah, helipad pribadi dan area hutan pribadi 58 hektar.

7. Bunker House

img
Lokasi: dimana-mana, meski Anda tak akan pernah tahu dimana

Beberapa tahun belakangan, bunker bawah tanah makin populer. Bagi penggemarnya, mendandani rumah baru dengan bunker itu seperti permainan kerajinan tangan yang seru. Sementara ada juga yang memilih membeli bunker siap pakai.

Bahkan ada perusahaan yang spesialisasi menjual pangkalan militer disebut 20th Century Castles, dengan properti berharga di kisaran US$ 260.000 hingga US$ 4,6 juta (seperti yang ada di foto). Situs Atlas F ini berada di Adirondack State Park, New York dan terdiri dari rumah kayu seluas 185 meter persegi dan ruang bawah tanah seluas 213 meter persegi. Tak lupa, ada generator listrik on-site yang mudah digunakan.

6. Self-sufficient / Eartship Homes

img
Lokasi: di mana-mana, meski earthships aslinya berasal dari Taos, New Mexico

Meski stok makanan kaleng seabrek, pastinya akan habis juga. Begitu pula generator listrik akan mati kalau bahan bakarnya habis. Maka itu dibuatlah eartship homes yang terinspirasi dari gaya hidup jaman pasca kiamat.

Dibangun dari materi daur ulang, rumah ini hidup dari tenaga surya dan memanfaatkan air hujan yang ditampung. Penghuninya bisa menanam tumbuhan untuk makanan. Rumah ini sebagian besar berada di bawah tanah untuk menyesuaikan diri dengan temperatur dan sangat terisolasi. Rumah seperti yang di foto ini memiliki luas 501 meter persegi, berada di Greater World Earthship Community, New Mexico dan dijual seharga US$ 1,75 juta.

5. The Riviera Residence

img
Lokasi: Santa Barbara, California

Tidak ada senjata ajaib untuk menciptakan rumah yang 100% anti kebakaran. Tapi kami belajar kalau butuh kombinasi faktor-faktor tertentu supaya semua rumah bisa selamat dari kebakaran, kata Robin Donaldson dari Shubin + Donaldson Architects kepada The Architects' Newspaper.

Donaldson pastinya paham betul karena dia adalah arsitek The Riviera Residence, satu-satunya bangunan yang selamat saat Santa Barbara Tea Fire pada tahun 2008. Atap rata, penggunaan material tahan api (plaster, batu dan metal), jendela laminasi tiga lapis dan jendela kilap dengan bingkai metal, bergaris tembaga dan lis bersudut merupakan faktor desain Riviera yang berkontribusi terhadap ketahanan api.

4. Monolitic Dome Homes

img
Lokasi: di mana-mana

Kubah monolitik berbahan beton telah disetujui U.S Federal Emergency Management Agency bisa menyediakan perlindungan nyaris sempurna dan terbukti mampu bertahan dari tornado, topan, gempa bumi, mayoritas bencana yang disebabkan manusia, kebakaran, rayap dan kebusukan. Kubah monolitik itu bangunan yang hemat energi dan biaya.

Dome of a Home seperti yang ada di foto ini berada di Pensacola, Florida dan berhasil bertahan dari serangan langsung Badai Katrina dan badai tropis lainnya. Dikarenakan kubah ini tidak banyak memakai isolasi kaca fiber dan sheetrock non serap maka tidak ada efek setelah hujan petir seperti jamur dan lumut.

3. Earth Sheltered Homes

img
Lokasi: di mana-mana

Motivasi 'sejuk saat musim panas dan hangat saat musim dingin' menjelaskan kenapa orang-orang prasejarah suka tinggal di bawah tanah dan gua. "Earth shelter" menggunakan perlindungan dari bumi demi efisiensi energi. Rumah seperti ini memang belum tentu cocok bagi semua orang, tapi masih mempesona bagi mereka yang ingin hidup lebih konvensional.

R.C. Smoot Construction yang berbasis di Bastrop, Texas spesialis membangun struktur earth-sheltered seperti yang ada di foto ini, di Missouri. Seperti kubah monolitik, bangunan kubah Smoot dibuat dari beton dan diperkirakan awet hingga lebih dari seabad, bahkan lebih lama lagi. Smoot mengklaim rumah itu tahan gempa bumi, kebakaran, penyelundup dan mereka juga menawarkan perlindungan dari kebocoran nuklir.

2. Storm Cellar

img
Lokasi: paling sering ditemukan di Tenggara dan Barat tengah, Tornado Alley

Ruangan bawah tanah yang juga dikenal dengan storm cellars adalah alternatif lain selain basement untuk berlindung dari topan atau badai parah lainnya. Ini karena storm cellar lebih aman dari puing-puing rumah yang rubuh.

Pintunya terbuka ke satu arah yaitu ke luar. Jadi puing-puing tidak akan jatuh ke bawah dan lebih mudah bagi orang di dalam saat mau keluar. Di konsep lama, storm cellar masih penting. Terbukti saat Mei lalu storm cellar berhasil menyelamatkan nyawa sepasang suami istri di Alabama saat tornado menerjang. Tetangganya tidak selamat.

http://bilogizma.blogspot.com/2012/09/ini-dia-10-rumah-anti-kiamat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar